Wednesday, October 16, 2024

ROBOTICS TALENT COMPETITION #4

 


Silahkan klik link ini untuk mendapatkan file sertifikat peserta

Info : Khaila (0877.2077.3407)


Daftar Pemenang Robotics Talent Competition #4

 

 

 Notes : Penulisan nama berdasarkan data pendaftaran yang disetujui kebenarannya dan tidak menjadi kesalahan panitia


KATEGORI CREATIVE CUBES (TK/RA)     LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Creative
Juara 1 Embun Pagi Islamic School Kindergarten Bintang Aulia
Juara 2 RA. AL KAUTSAR Rhazes Khairan Abdullah
Juara 3 TK Islam Al barkah/Edurobotika Muhammad Uwais

   
Penilaian : Best Design
Juara 1 Embun Pagi Islamic School Kindergarten Muhammad Albie Albarra Hadiansyah
Juara 2 Tkk Penabur Jababeka Reynard Kyle Lomewa
Juara 3 Sekolah Victory Plus Made Vincent Vidyatama Ho


   
Harapan AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN Aryan Harfi
Harapan Embun Pagi Islamic School Kindergarten Shaqeena Zahra Annasya
Harapan Embun Pagi Islamic School Kindergarten Eijaz Atharrazka Rafasya
Harapan Embun Pagi Islamic School Kindergarten Davanka Muhammad Ashdan
Harapan Kuttab Labib Muhammad Sayhan Abizard Kamil
Harapan Madina Islamic Kindergaten Kenzo Abhimanyu Rafa Nugroho
Harapan RA. Al Kautsar Ghossan Hara Mada
Harapan RA. Al Kautsar ADIWIDYA Kusumah Negara
Harapan RA. Al Kautsar SADYA ZAKIYAH BASMAH
Harapan RA. Al Kautsar RATU KHARISA PUTRI
Harapan Sekolah Victory Plus  Frank Nicolas Aurelius Wijaya
Harapan TK Islam Al Barkah Fathi Khalid Nugroho
Harapan TK Islam Al Barkah AIMAN KENNY ALLISTER
Harapan TK Islam Al Barkah Muhammad Sky Sakha Al Fatih
Harapan TKK Kalam Kudus Ciateul Joshua Christ Oktavianus
Harapan Edurobotika MUHAMMAD TEGUH


KATEGORI ELECTRONIC BASIC (SD/MI)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 SDK 9 PENABUR Carlson Xinlu Yang Evan Christian Yulius
Juara 2 Cahaya Bangsa Classical School Stanley Lim Setiawan  
Juara 3 SDK Penabur Summarecon Bekasi Thalia Josephine Melody Daugosta Kyona Rohosauli Nainggolan
Harapan 1 SDI At-Taqwa Rawamangun Syafiq Maulana Muhammad   
Harapan 2 SDK Penabur 10 Justin Valerio Chandra Victor Jermaine Chandra
Harapan 3 Asshodriyah Islamic School Syakura Harmein  




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 Embun Pagi Islamic School Byantara Aldebaran Yusuf  
Juara 2 MIN 18 Jakarta Timur Achmad Gibran Zaviyar Tabina Maryam Zhafira
Juara 3 SDIT Ar Royan Althaf Zyad Sumaedi Shamid Lazuardi Ramadhan
Harapan 1 SDIT Nurul Hikmah Jabeer Abdurrahim Muhammad  
Harapan 2 SDK Penabur Summarecon Bekasi Jonathan Putra Tjandrawan Alzaro kaindra gavriel girsang
Harapan 3 SD Gagas Ceria Rajendra Al Jazari Rinaldy  




Penilaian : Best Time
Juara 1 SDK Penabur Summarecon Bekasi Alexander Kaleb Marasi Siagian Jesse Kichiro
Juara 2 SD Islam At-Taqwa Rawamangun Mumtazah Diyana Alisha  
Juara 3 SDIT Nurul Hikmah Shendaud Safa Samsara  
Harapan 1 SONNIC Muhammad Hisyam  
Harapan 2 SONNIC Asyhari Rahman  
Harapan 3 SONNIC Tikah Gunawan  


KATEGORI ELECTRONIC JUNIOR (SD/MI)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 SDK10 BPK Penabur Jakarta PHILLIPPE CARLSON RUSLI LIAM SAMUEL GUNAWAN
Juara 2 SDIT AR RIDO Devanka Garamischa Zhafran Althaf Maulana
Juara 3 SDK 6 PENABUR VANIA JANICE SUWANDI DOMINIC CHRISTOPHER LIM
Harapan 1
Embun Pagi Islamic School Akila Hasna Nirmala Katya Aqeela Almushawwir
Harapan 2 SDIT Nurul Hikmah  Kevan Dzikri Atharizz Calief  
Harapan 3 SDK 10 PENABUR JAKARTA  Gabriella Karenza Yauw  




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 SDK penabur Bintaro jaya Alvaro gavriel larosa  
Juara 2 Embun Pagi Islamic School Rakeinan Yodha Pratama  
Juara 3 SDK10 Penabur Jakarta Utara Robert Husaini Lim  
Harapan 1 SD Widuri Baleendah Putra Ahsyar Al-Ghazi  
Harapan 2 SDK 8  PENABUR  Alice Waltz Everwith Mathias Ernest Pradipta Sitorus
Harapan 3 SD IT Al Fath Cibinong  Rasyid Satrio Wibowo  


KATEGORI MISSION BASIC (SD/MI)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 SDK 8 PENABUR  Jethro Andrico Prananda Hillary Viola Nauli Lumban Gaol
Juara 2 SDIT HARUM Raza Mahya Zitara Sakha Rayyan
Juara 3 SDIT Nurul Hikmah  Altamis Sidik  Teguh Hanif Gunawan
Harapan SDK BPK PENABUR BINTARO JAYA Alexander Tobias Blessta Kaya  




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 SDIT AR RIDO Faeyza Abyan Asmara Alvaro Kenzie Saputra
Juara 2 SDK10 BPK PENABUR Jeremy Edmond Simeon Owen Lee
Juara 3 SD Islam Al Barkah Arkaan Surya Nizama Nur 'Ayisy 'Arifah
Harapan SDIT AL MUHAJIRIN Narendra Farizki Nugroho Nabil Zaidan Akmal


KATEGORI MINI SOCCER (SD/MI)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 SDIT NURUL ISLAM Naufar Al Ayubbi Bowta Muhammad Adi Bagus Wijayanto
Juara 2 SDIT NURUL ISLAM Arkan Ibriza Rachman Azka Azhfar Kurniawan
Juara 3 SDIT AL MUDDATSIRIYAH Muhammad Sakha Athallah Muhammad Sakhi Athaillah
Harapan SDIT AR RIDO Haykal Hanif Amrullah Rayhan Alfata Ilham




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 Embun Pagi Islamic School ADSKHAN AUFA MUZAKKI DEVANO AUDRIC AFRIYANTO
Juara 2 MIS Al-Ittihad ANDI ALVONSO Naufal Nazih Mumtaz
Juara 3 Robotika Nusantara Fairel Ruswandi Gavin Alvaro Munir
Harapan SD Islam Al Barkah DHAFIR  GABRIEL


KATEGORI SOCCER JUNIOR (SMP/MTS)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 MTsN 3 Jakarta M.Rizki Firdaus  Rafi Putra Pratama Syukur
Juara 2 MTsN 21 Jakarta Raffasya Alfarizqi Bakti Darmawan Hadi
Juara 3 MTsN 20 Jakarta Ahmada Ayman Kuncit Fakhri Rizqi Haryanto
Harapan MTsN 18 Jakarta Muhammad Fahril Nurmantoro Rais Ramdika Hanif




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 SMPK Penabur Gading Serpong Chester Adrian James Hendry
Juara 2 MTsN 24 Jakarta AZKA LATAHZAN KURNIANTO SALMAN ALFARISI
Juara 3 MTsN 24 Jakarta WILDAN ELKASYFI MUHAMMAD LATIEF KENZIE
Harapan MTsN 22 Jakarta Daffino Almay Adrian Rafa Harsaya Putra Barnadib


KATEGORI MISSION JUNIOR (SMP/MTS)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 MTsN 22 Jakarta Djesta Daffi Subekti Fitrah Batara Perwiranegara
Juara 2 MTsN 15 Jakarta Carisa Nur Afifa  I Gusti Agung Sakha Satwika
Juara 3 SMPIT Arafah Muhammad Ilham Andriansyah  Waffi Damaraihan Adianto
Harapan MTsN 13 Jakarta Ghaniata Khaira Attaqi Fita Fahira Andini




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 MTsN 17 Jakarta Siti Aliyahrizka Rendrad Raka Yusuf
Juara 2 MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief Danish Kanz Fawwaz Mochammad Ramadhana Omar
Juara 3 MTsN 12 Jakarta Anindia Nafisa  Az-Zahra Nur 'Ayisy 'Arifah
Harapan MTsN 29 Jakarta Firza Hafizh Adzani Kirana Madania Wahyudin


KATEGORI ROBOMIND LINE (SMP/MTS)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 SMPIT Ar Rudho Idzan Razky Permana Farrel Kiano
Juara 2 MTsN 13 Jakarta Latifa Putri Azzahra Dinda Brillianca Syahnaz Putri
Juara 3 Embun Pagi Junior High Islamic School Rigen Sanjung  
Harapan 1 Mtsn 18 Jakarta Raden Hartini Aisyah Putri Fachri Richi Pratama
Harapan 2 Mtsn 17 Jakarta Taufik Hidayatullah Sabil Gifara Natsir
Harapan 3 MTSN 21 Jakarta Zahabi Hanif Nirwato Zakaria Zaki Habibi




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 MTsN 13 Jakarta Muhammad Al Baihaqi Nendra Farras Satyanatha
Juara 2 Mtsn 41 Al-Azhar Asy-Syarief Humna Zhafira Rahmat Aqila Huda Assyifa
Juara 3 SMPN 213 Jakarta Raviansyah Izqian  
Harapan 1 Embun Pagi Junior High Islamic School Abyan Ghifary Airwan  
Harapan 2 Mtsn 12 Jakarta Daffa Arnawama Risompa Fadhil Athahillah Bintoro
Harapan 3 SMPIT Nurul Hikmah Maulana Hanif Hamzah  


KATEGORI ROBOMIND TRANS (SMP/MTS)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief M. Syauqi Rahman Hasan Hanif Lanjar Arkananta
Juara 2 MTsN 1 Jakarta Muhammad Xavier Dahriansyah Muhammad Barik Khatami
Juara 3 MTsN 14 Jakarta Ghina Lu’luatul Faridah Aisyah Aqilah Aziza Nugroho
Harapan 1 MTsN 13 Jakarta Clarissa Lashira Azzahra Siti Aisyah
Harapan 2 MTsN 22 Jakarta Kasabi Alfaiza Arkana Zhafran Paramudya
Harapan 3 MTsN 18 Jakarta Zahira Jazilatul Adzkya Syakira Arista Helmy




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 SMPN 15 Jakarta Bagus Wicaksono Ratna Shinta Alena
Juara 2 MTsN 24 Jakarta MUHAMMAD AZKA AULIA ATQA MUHAMMAD AL FAQIH KHAIRULRAHMAN
Juara 3 MTsN 3 Jakarta Rafa Farassy Syandana Andimi Fakhriza Arkananta
Harapan 1 MTsN 1 Jakarta Azzami Ahmad Al Fauzan Shofwan Nizami
Harapan 2 SMPIT Arafah RAVI IRSYAD SAVERO  
Harapan 3 SMPK Penabur Gading Serpong Keira Aurora Harianto  


KATEGORI WAR ROBO (SMP/MTS)    LINK SERTIFIKAT

Penilaian : Best Point
Juara 1 MTsN 14 Jakarta Ibrahim Bhumi Bintoro Chika Khoirun Najah
Juara 2 MTsN 1 Jakarta Muhammad Luthfi Muhammad Reza Ramadhan
Juara 3 SMP Labschool Jakarta Anggito Fadhilah Kautsar Noah Hakimmi Irham Suheimi
Harapan MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief Khairan Abbasy Yurianda Hudzaidah Muhammad Juhdy




Penilaian : Best Strategy
Juara 1 MTsN 29 Jakarta Bagus Mufti Arya Bima Rasendriya Athallah Nugroho
Juara 2 MTsN 20 Jakarta Muhammad Fazri Ramadhan Mochammad Devan Aransah
Juara 3 MTsN 29 Jakarta Muhammad Alkio Aradhana Hanif Mahardika Setiadi
Harapan MTsN 21 Jakarta Muhammad Yusuf Khayrusy Syifa Muhammad Zaulaqy Alqansandhy


KATEGORI ROBOMIND SENIOR (SMA/MA/SMK)    LINK SERTIFIKAT

Juara 1 MAN 9 Jakarta Akmal Fatih Firdaus   
Juara 2 MAN 18 Jakarta Ahsan Rahadi Keysha Sabrina A
Juara 3 MAN 2 Kebumen Fadhil Izza Saputra Fakhri Akmaludin
Harapan 1 MAN 9 Jakarta Azka Nur Ihsan M. Miqdad Dzukayn
Harapan 2 MAN 1 Jakarta Diana Aurellia Amanda Rifki Syamil Kenzie Ramadhan
Harapan 3 MAN 5 Jakarta Ahnaf Samih Al-Farisi  Aditama


KATEGORI BATTLE ROBOT (SMA/MA/SMK)    LINK SERTIFIKAT

Juara 1 MAN 2 Jakarta Eka Afri Nugroho Achmad Dzaki Irdinandra
Juara 2 MAN 1 Cirebon Muhammad Abdy Wiratama Saputra Pratama
Juara 3 MAN 1 Jakarta Hafid Syarif Mustofa Muhammad Luthfi Al Fatih
Harapan 1 MAN 5 MUHAMMAD REIFAN ARIYANTO DAFFA ADILLA SURYONO
Harapan 2 MAN 4 Choky fii ramadhan Fawwaz akbar ramadhan
Harapan 3 MAN 14 Jakarta Rasya Yusuf Mulyono Muhammad Athaullah Akbar














ROBOTICS TALENT COMPETITION #4


A.   Latar Belakang Lomba

Sonnic Robotics merupakan penyelenggara acara lomba robotik nasional maupun internasional berkerjasama dengan IGRI (Ikatan Guru Robotik se-Indonesia) merupakan perkumpulan para Guru dan Vendor Robotik yang tergabung dalam satu ikatan dengan tujuan memajukan dan mencerdaskan Bangsa dengan keilmuan Robotika, KOGTIK (Komunitas Guru TIK), IG TIK PGRI (Ikatan Guru TIK PGRI), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai Partner Penyelenggara, Penerbit Erlangga dan Lagoon Avenue Mall – Bekasi milik PT. PP (Persero) Tbk yang telah support dan memberikan dukungan area yang bisa dilaksanakannya kegiatan acara ini.

Penyelenggaraan acara ini sudah berlangsung ke 4. Kami kembali menyelenggarakan acara lomba dengan konsep berjenjang pada skala Nasional hingga ke Internasional. Ajang lomba robotik ini bertujuan mencari bakat-bakat potensial siswa/siswi dalam bidang robotika.

 

B.   Tujuan

Harapan yang ingin dicapai dari lomba tersebut adalah:

1.  Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas siswa/i di dunia Teknologi Informasi khususnya di bidang robotik.

2.   Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Meningkatkan kepekaan siswa/i dalam pengembangan bidang teknologi robot.

4.   Mencari bakat dalam hal keahlian robotik di Sekolah-sekolah.

 

C.   Sasaran

Sonnic Robotics membimbing banyak Sekolah di seputar JABODETABEK dengan level dari TK sampai dengan SMA. Adapun sasaran kegiatan ini adalah peserta siswa/i SD, SMP dan SMA dari semua daerah di Indonesia

 

D.   Pendaftaran

Dibuka dari tanggal 20 Oktober 2024 sampai dengan 5 Desember 2024.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui link ini klik di sini  klik

Biaya pendaftaran bersifat per Tim bukan per orang, dan 1 Tim boleh 1 orang atau maksimal 2 orang, kecuali soccer (harus berdua).

 

Investasi pendaftaran sebesar Rp. 250.000/Tim

Ke rekening 230.2364.975 BCA atas nama : SONNI ADIANTO

Informasi lebih lanjut :

Khaila (0877.2077.3407)

 

 

E.    Pelaksanaan

Lokasi lomba               : Lagoo Avenue Mall – Bekasi

Hari/Tanggal               : 7-8 Desember 2024

 

 

Hari Pertama untuk SMP/MTS dan SMA/MA

Hari / Tanggal

Waktu

Kategori

Sabtu

7 Desember 2024

09.00 – 10.00

Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 1 (ambil name tag dan snack)

10.00 – 10.15

Pembukaan dan briefing peserta

10.15 – 12.00

Lomba SESI 1

SMP/MTS (Robomind Line)

SMP/MTS (Robomind Trans)

SMP/MTS (War Robo)

SMA/MA (Robomind Senior)

12.00 – 13.00

ISHOMA dan Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 2 (ambil name tag dan snack)

13.00 – 17.00

Lomba SESI 2

SMP/MTS (Soccer Junior)

SMP/MTS (Mission Junior)

SMA/MA (Battle Robot)

13.30 – 14.00

Pengumuman Pemenang Lomba SESI 1

17.00 – selesai

Pengumuman Pemenang Lomba SESI 2

*catatan : Waktu dapat berubah

 

 

Hari Kedua untuk TK/RA dan SD/MI

Hari / Tanggal

Waktu

Kategori

Minggu

8 Desember 2024

09.00 – 10.00

Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 1 (ambil name tag dan snack)

10.00 – 10.15

Pembukaan dan briefing peserta

10.15 – 12.00

Lomba SESI 1

TK Kategori (Creative Cubes)

SD Kategori (Electronic Basic)

SD Kategori (Electronic Junior)

12.00 – 13.00

ISHOMA dan Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 2 (ambil name tag dan snack)

13.00 – 17.00

Lomba SESI 2

SD Kategori (Mini Soccer)

SD Kategori (Mission Basic)

13.30 – 14.00

Pengumuman Pemenang Lomba SESI 1

17.00 – selesai

Pengumuman Pemenang Lomba SESI 2

*catatan : Waktu dapat berubah

 

Kategori yang diperlombakan antara lain :


CREATIVE CUBES (TK/RA dan Preschool/PAUD)

 

1.    Deskripsi :

Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi dalam membuat rancang bangun yang menarik. Pembuatannya harus sesuai tema “ MODEL INOVASI”.

 

2.    Syarat dan Ketentuan :

Peserta adalah siswa Taman Kanak-kanak ( TK/KG ).

Peserta Tim merupakan Individu atau perorangan.

 

3.    Peralatan :

Peralatan yang digunakan adalah Mathlink Cubes ( untuk TK ) dan sudah disediakan oleh panitia.

Untuk jumlah dan jenis blok yang disediakan oleh panitia adalah sebagai berikut :


Peserta harus membuat model dengan jumlah dan jenis blok yang telah disediakan oleh panitia pada saat lomba, dilarang membawa model yang sudah dibuat dari rumah.

 

4.    Penilaian :

Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar nilai :

Kreatifitas                    : 40%

Estetika model            : 40%

Presentasi peserta      : 20%

Penilaian ini sepenuhnya adalah hak subjektif dari Juri dan keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.

 

5.    Aturan Lomba :

·         Tiap sesi akan diberi waktu selama 15 menit. Setelah itu masing-masing peserta akan diberi waktu maksimal 2 menit untuk presentasi atau menjelaskan kepada Juri, dan akan didokumentasikan sebagai dasar penilaian Juri.

·         Setelah selesai semua hasil dari peserta sebelumnya akan dibongkar untuk dipergunakan peserta berikutnya di sesi selanjutnya.

·         Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.




ELECTRONIC BASIC  (SD/MI KELAS 1,2,3)

 

1.    Deskripsi :

Kompetisi ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kecepatan berfikir serta untuk menyeimbangkan gerak motorik halus dan kasar, mengenali bentuk, melatih fokus dan ketelitian.

 

2.    Syarat dan Ketentuan :

·         Bersifat umum terbuka

·         Peserta adalah siswa Sekolah Dasar ( SD kelas 1,2,3 ).

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari perorangan atau maksimal 2 orang.

 

3.    Peralatan :

·         Peralatan yang digunakan adalah perangkat elektronik sederhana ( untuk SD kelas 1,2 dan 3 ).

·         Peserta harus membawa sendiri perangkat elektronik yang dibutuhkan pada saat lomba yaitu :

3 pcs led (warna bebas)

3 pcs resistor 220 ohm

1 pcs bread board (small/mini) bebas

Kabel jumper male to male (jumlah bebas)

Holder batrai dan batrai (jenis dan jumlah bebas sesuai kebutuhan)

 

4.    Penilaian :

Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar catatan waktu pengerjaan perakitannya dan ketepatannya meliputi unsur bentuk serta berfungsinya robot dengan baik dan sempurna.

 

Catatan waktu menjadi yang utama, Fungsi model hasil dari perakitan harus dapat berfungsi semua dengan baik dan Ketepatan pembuatan skema elektronik termasuk kerapihan merupakan hal penting untuk menentukan hasil.

 

5.    Aturan Lomba :

·     Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri diambil dengan cara acak dengan aplikasi acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·       Perangkat yang dibawa harus dalam keadaan belum dirakit.

·     Tiap sesi akan diikuti 20 tim peserta sekaligus dan setiap sesi pertandingan akan diberi waktu selama maksimal 10 menit.

·     Tim peserta harus siap di arena lomba pada waktu sesi lomba, apabila tim peserta tidak hadir pada sesi pertandingan setelah 3 kali pemanggilan maka sesi pertandingan akan tetap berjalan dan akan merugikan tim peserta yang terlambat masuk/hadir ke arena lomba tersebut tetapi tetap bisa menyelesaikan lomba apabila masih ada waktu yang tersisa pada sesi tersebut atau diberikan sanksi oleh juri.

·     Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.




ELECTRONIC JUNIOR  (SD/MI KELAS 4,5,6)

 

1.    Deskripsi :

Kompetisi ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kecepatan berfikir serta untuk menyeimbangkan gerak motorik halus dan kasar, mengenali bentuk, melatih fokus dan ketelitian.

 

2.    Syarat dan Ketentuan :

·         Bersifat umum terbuka

·         Peserta adalah siswa Sekolah Dasar ( SD kelas 4,5,6 ).

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari perorangan atau maksimal 2 orang.

 

3.    Peralatan :

·         Peralatan yang digunakan adalah perangkat elektronik sederhana ( untuk SD kelas 4,5 dan 6 ).

·         Peserta harus membawa sendiri perangkat elektronik yang dibutuhkan pada saat lomba yaitu :

1 pcs led (warna bebas)

1 pcs resistor 220 ohm

1 pcs bread board (small/mini) bebas

Kabel jumper male to male (jumlah bebas sesuai kebutuhan)

Holder batrai dan batrai (jenis dan jumlah bebas sesuai kebutuhan)

1 pcs motor dc 3v-6v (kuning)

1 pcs saklar/switch

 

4.    Penilaian :

Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar catatan waktu pengerjaan perakitannya dan ketepatannya meliputi unsur bentuk serta berfungsinya robot dengan baik dan sempurna.

 

Catatan waktu menjadi yang utama, Fungsi model hasil dari perakitan harus dapat berfungsi semua dengan baik dan Ketepatan pembuatan skema elektronik termasuk kerapihan merupakan hal penting untuk menentukan hasil.

 

5.    Aturan Lomba :

·     Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri diambil dengan cara acak dengan aplikasi acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·       Perangkat yang dibawa harus dalam keadaan belum dirakit.

·     Tiap sesi akan diikuti 20 tim peserta sekaligus dan setiap sesi pertandingan akan diberi waktu selama maksimal 10 menit.

·     Tim peserta harus siap di arena lomba pada waktu sesi lomba, apabila tim peserta tidak hadir pada sesi pertandingan setelah 3 kali pemanggilan maka sesi pertandingan akan tetap berjalan dan akan merugikan tim peserta yang terlambat masuk/hadir ke arena lomba tersebut tetapi tetap bisa menyelesaikan lomba apabila masih ada waktu yang tersisa pada sesi tersebut atau diberikan sanksi oleh juri.

·      Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.

 

 


MINI SOCCER (SD/MI KELAS 4,5,6)


1.    Deskripsi :

Kategori ini bertujuan untuk meningkatkan skill penggunaan remot kontrol dan pemilihan strategi dalam memainkan robot soccer dan mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim ( teamwork ). Pertandingan ini adalah 2 lawan 2.

 

2.    Syarat dan Ketentuan :

·         Peserta adalah siswa SD kelas 4, 5 dan 6.

·         Bersifat umum terbuka lawan di dalam pertandingan ini.

·         Peserta merupakan Tim yang harus terdiri dari 2 orang.

·         Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 pcs baterai AA untuk 1 orang (dalam 1 tim adalah 8 baterai).

 

3.    Peralatan :

·         Robot yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.

·         Peserta Tim tidak diperkenankan membawa robot sendiri.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·      Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri secara acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·         Akan dibuat 2 Grup pertandingan.

·    Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain soccer robot ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.

·       Skema pertandingan adalah sistem gugur dalam grupnya.

·      Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.

·       Tiap sesi tanding terdiri dari 2 babak bergantian posisi ( Sudut A dan Sudut B ) .

·       Pertandingan pada tiap sesinya akan dimenangkan oleh tim dengan goal terbanyak.

·       Tim yang menang akan tanding lagi di pertandingan berikutnya sesuai skema.

·     Jika dalam 2 babak pada sesi tanding hasil goal masih sama, maka akan dilakukan adu penalti dengan metode 1 kali menyentuh bola ke arah gawang lawan.

·     Tim peserta akan dianggap pelanggaran dan ditegur apabila robotnya berada diam saja di tengah gawang selama lebih dari 5 detik, apabila melakukan pelanggaran yang sama sebanyak 3 kali maka akan dikenakan penalti.

·       Di babak final akan bertanding 4 tim terbaik.

·       Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu.

 


 

MISSION BASIC (SD/MI KELAS 1,2,3,4,5,6)

1.    Deskripsi

Robot Mission Basic merupakan suatu kompetisi robotik dimana tiap tim diberikan tantangan untuk mengontrol robot IoT menyelesaikan sebuah misi robot bergerak secepat mungkin dari Start hingga Finish dengan melewati misi tertentu.

.

2.    Syarat dan Ketentuan

·        Peserta adalah siswa SD kelas 1 s/d 6.

·        Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.

·     Peserta harus melakukan pendaftaran ulang pada waktu yang telah ditentukan untuk memastikan kehadiran peserta.

·       Peserta harus mematuhi dan mengikuti arahan dari Panitia dan Juri.

·      Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 buah baterai AA (dalam 1 tim adalah 8 baterai).

 

3.    Peralatan

·         Peralatan yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.

·         Peserta tidak diperkenankan membawa robot sendiri.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·     Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·     Sebelum Tim bertanding akan dilakukan uji konektivitas jaringan terlebih dahulu. Juri tidak akan mentolerir apabila terjadi koneksi terputus di tengah pertandingan.

·      Setiap tim akan diberikan kesempatan untuk melakukan 2 x race dengan waktu 1 menit setiap race nya dan boleh saling bergantian main apabila dalam tim tersebut 2 orang.

·     Robot yang dapat melewati titik checkpoint maka mendapat 50 poin. Dan apabila mencapai finish sebelum waktu habis akan mendapat 50 poin kembali.

·     Robot yang sebagian keluar arena, maka diberikan pengurangan 5 poin dan robot tetap dapat kembali melanjutkan race.

·      Apabila robot keluar seluruh nya maka diberikan pengurangan 10 poin dan robot kembali ke titik start maupun kembali ke titik checkpoint apabila sudah melewati titik checkpoint.

·        Apabila robot menjatuhkan objek checkpoint maka mendapat pengurangan 10 poin.

·        Hasil Akhir adalah poin akumulasi dari 2 race yang dilakukan.

·      Apabila terdapat 2 atau lebih tim dengan poin akhir yang sama, maka penentuan Juara dilihat dari waktu race tercepat.

 

 

 

SOCCER JUNIOR (SMP/MTS KELAS 7,8,9 )


1.    Deskripsi :

Kategori ini bertujuan untuk meningkatkan skill penggunaan remot kontrol dan pemilihan strategi dalam memainkan robot soccer dan mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim ( teamwork ). Pertandingan ini adalah 2 lawan 2.

 

2.    Syarat dan Ketentuan :

·         Peserta adalah siswa SMP kelas 7, 8 dan 9.

·         Bersifat umum terbuka lawan di dalam pertandingan ini.

·         Peserta merupakan Tim yang harus terdiri dari 2 orang.

·         Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 pcs baterai AA untuk 1 orang (dalam 1 tim adalah 8 baterai).

 

3.    Peralatan :

·         Robot yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.

·         Peserta Tim tidak diperkenankan membawa robot sendiri.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·      Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri secara acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·         Akan dibuat 2 Grup pertandingan.

·    Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain soccer robot ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.

·        Skema pertandingan adalah sistem gugur dalam grupnya.

·       Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.

·         Tiap sesi tanding terdiri dari 2 babak bergantian posisi ( Sudut A dan Sudut B ) .

·         Pertandingan pada tiap sesinya akan dimenangkan oleh tim dengan goal terbanyak.

·         Tim yang menang akan tanding lagi di pertandingan berikutnya sesuai skema.

·      Jika dalam 2 babak pada sesi tanding hasil goal masih sama, maka akan dilakukan adu penalti dengan metode 1 kali menyentuh bola ke arah gawang lawan.

·      Tim peserta akan dianggap pelanggaran dan ditegur apabila robotnya berada diam saja di tengah gawang selama lebih dari 5 detik, apabila melakukan pelanggaran yang sama sebanyak 3 kali maka akan dikenakan penalti.

·         Di babak final akan bertanding 4 tim terbaik.

·         Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu.

 

 

MISSION JUNIOR (SMP/MTS KELAS 7,8,9)

1.    Deskripsi

Robot Mission Junior merupakan suatu kompetisi robotik dimana tiap tim diberikan tantangan untuk mengontrol robot IoT menyelesaikan sebuah misi robot bergerak secepat mungkin dari Start hingga Finish dengan melewati misi tertentu.

.

2.    Syarat dan Ketentuan

·         Peserta adalah siswa SMP kelas 7 s/d 9.

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari individu atau maksimal 2 orang.

 

3.    Peralatan

·         Peserta boleh membawa robot sendiri atau dari panitia.

·         Dimensi robot adalah 17cm panjang x 15cm lebar, merk dan jenis robot bebas.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·     Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·        Sebelum Tim bertanding akan dilakukan uji konektivitas jaringan terlebih dahulu. Juri tidak akan mentolerir apabila terjadi koneksi terputus di tengah pertandingan.

·        Setiap tim akan diberikan kesempatan untuk melakukan maksimal 2 x race dengan waktu 2 menit setiap race nya dan boleh saling bergantian main apabila dalam tim tersebut 2 orang.

·      Robot yang dapat membawa dan meletakkan box sesuai dengan warna areanya secara tepat akan mendapatkan 20 poin.

·      Robot yang sebagian keluar arena atau menginjak garis, maka diberikan pengurangan 5 poin (berlaku akumulasi) dan robot tetap dapat kembali melanjutkan race.

·     Robot yang berhasil mencapai garis finish akan mendapatkan 20 poin, dan hal ini akan menghentikan waktu pada race itu karena telah dianggap selesai.

·   Hasil Akhir adalah poin yang didapat pada race terakhir, semisalnya hanya dipakai kesempatan race pertama saja juga boleh.

·      Apabila terdapat 2 atau lebih tim dengan poin akhir yang sama, maka penentuan Juara dilihat dari waktu race tercepat.




ROBO MIND (SMP/MTs KELAS 7,8,9)

Robomind Line & Robomind Trans

1.    Deskripsi

Robo Mind merupakan suatu kompetisi robot dimana peserta memprogram sebuah robot pada Aplikasi Robo Mind dan menyelesaikan misi yang diberikan secepat mungkin.

 

2.    Syarat dan Ketentuan

·         Peserta adalah siswa SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9.

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.

·         Tiap peserta wajib membawa Laptop yang sudah terinstall aplikasi Robomind

·         Tiap Peserta Wajib membawa koneksi internet masing-masing.

 

3.    Peralatan

·      Juri menyiapkan Map yang dapat di download oleh setiap tim pada link yang akan diberikan saat kompetisi berlangsung dan akan diberikan link untuk mengumpulkan hasilnya.

·       Peserta menyiapkan laptop masing-masing yang sudah ada aplikasi RoboMind.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·       Seluruh Tim dikumpulkan oleh Panitia dan Juri di Lokasi Arena yang sudah di tentukan selanjutnya Juri akan mengecek seluruh tim yang bertanding.

·    Sebelum dimulai Dewan Juri akan mengecek Aplikasi Robomind pada masing-masing Laptop peserta.

·       Peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk memprogram dan mengirim hasil program tersebut ke dewan juri.

·        Setiap tim tidak diperbolehkan berkomunikasi kepada pelatih, pembimbing maupun tim lawan.

·     Juri akan langsung mendiskualifiasi peserta apabila melakukan komunikasi maupun kecurangan dalam bentuk apapun.

·    Misi yang harus di selesaikan oleh setiap tim akan diberitahukan oleh Juri saat pertandingan berlangsung.

·        Untuk kategori Line misinya adalah menelusuri garis dan kategori Trans misinya adalah transporter yaitu memindahkan objek.

·        Setiap misi yang berhasil diselesaikan bernilai Poin.

·        Tim yang akan menjadi pemenang adalah yang memiliki poin tertinggi.

·        Apabila terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki poin yang sama, maka yang menjadi pemenang di tentukan oleh tim yang paling cepat mengirim program.

 

 

 

WAR ROBO (SMP/MTs 7,8,9)


1.    Deskripsi

War Robo merupakan sebuah kompetisi robotik mempertandingkan robot 2 lawan 2 pada sebuah arena war, dimana tugas dari robot adalah menjatuhkan benteng lawan sebanyak dan secepat mungkin.

 

2.    Syarat dan Ketentuan

·         Peserta adalah siswa SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9.

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari 2 orang.

 

3.    Peralatan

·         Peralatan disediakan oleh Panitia dengan jenis robot yang sama.

·         Peserta tidak diperkenankan membawa robot sendiri.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·     Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.

·       Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain war robo ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.

·         Setiap tim memiliki 3 buah benteng.

·         Skema pertandingan adalah sistem gugur.

·      Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.

·       Tim yang dinyatakan sebagai pemenang setiap babaknya dilihat dari banyaknya benteng yang dijatuhkan dan waktu tercepat.

·   Sebelum pertandingan dimulai Juri akan memastikan setiap peserta sudah mengkoneksikan Smartphone / HP dengan robot.

·   Apabila di tengah pertandingan terjadi koneksi terputus (loss connection), maka pertandingan tetap dilanjutkan.

·       Robot yang tersangkut di arena pada saat pertandingan maka akan dibiarkan sedangkan yang keluar arena maka dinyatakan out dan tidak dapat kembali ke arena sampai babak tersebut selesai.

·     Apabila pada pertandingan masing-masing tim mendapat skor yang sama, maka akan dilakukan babak perpanjangan waktu sebanyak 1 babak.

 

 

 

 

 

BATTLE ROBOT (SMA/MA 10,11,12)

1.    Deskripsi

Battle Robot merupakan sebuah kompetisi robotik mempertandingkan robot 1 lawan 1 pada sebuah arena battle, dimana tugas dari robot adalah memindahkan balok lawan sebanyak dan secepat mungkin.

 

2.    Syarat dan Ketentuan

·         Peserta adalah siswa SMA/MA kelas 10, 11 dan 12.

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari boleh individu atau maksimal 2 orang.

 

3.    Peralatan

·     Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 buah baterai AA

·       Peralatan disediakan oleh Panitia dengan jenis robot yang sama.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·     Robot dimulai dari titik start dan harus bergerak melalui sisi kanan area untuk mencapai area musuh dan mengambil lalu pindahkan balok musuh secepat dan sebanyak mungkin ke dalam save area.

·    Apabila balok musuh telah habis dipindahkan maka boleh untuk merebut balok tim nya yang sudah diambil oleh musuh untuk diambil kembali.

·     Apabila balok musuh belum habis diambil dan langsung mengambil balok tim nya yang sudah diambil musuh, maka hal itu akan dikenakan penalti dan akan di stop dan dikeluarkan oleh juri dan robot musuh dapat terus melanjutkan sampai waktu selesai.

·        Poin Total Penilaian adalah banyaknya balok yang berhasil dimasukkan dalam save area.

 

 

 

 

ROBO MIND (SMA/MA KELAS 10,11,12)

1.    Deskripsi

Robo Mind merupakan suatu kompetisi robot dimana peserta memprogram sebuah robot pada Aplikasi Robo Mind dan menyelesaikan misi yang diberikan secepat mungkin.

 

2.    Syarat dan Ketentuan

·         Peserta adalah siswa SMA/MA kelas 10, 11 dan 12.

·         Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.

·         Tiap peserta wajib membawa Laptop yang sudah terinstall aplikasi Robomind

·         Tiap Peserta Wajib membawa koneksi internet masing-masing.

 

3.    Peralatan

·      Juri menyiapkan Map yang dapat di download oleh setiap tim pada link yang akan diberikan saat kompetisi berlangsung dan akan diberikan link untuk mengumpulkan hasilnya.

·        Peserta menyiapkan laptop masing-masing yang sudah ada aplikasi RoboMind.

 

4.    Aturan Lomba dan Penilaian :

·      Seluruh Tim dikumpulkan oleh Panitia dan Juri di Lokasi Arena yang sudah di tentukan selanjutnya Juri akan mengecek seluruh tim yang bertanding.

·    Sebelum dimulai Dewan Juri akan mengecek Aplikasi Robomind pada masing-masing Laptop peserta.

·       Peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk memprogram dan mengirim hasil program tersebut ke dewan juri.

·        Setiap tim tidak diperbolehkan berkomunikasi kepada pelatih, pembimbing maupun tim lawan.

·     Juri akan langsung mendiskualifiasi peserta apabila melakukan komunikasi maupun kecurangan dalam bentuk apapun.

·    Misi yang harus di selesaikan oleh setiap tim akan diberitahukan oleh Juri saat pertandingan berlangsung.

·         Setiap misi yang berhasil diselesaikan bernilai Poin.

·         Tim yang akan menjadi pemenang adalah yang memiliki poin tertinggi.

·         Apabila terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki poin yang sama, maka yang menjadi pemenang di tentukan oleh tim yang paling cepat mengirim program.

 

 

PENUTUP

 

Untuk tercapainya penyelenggaraan Acara “Robotic Talent Competition #4” diperlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam acara ini dan diharapakan bisa membangun dan mengembangkan potensi Siswa Didik dalam dunia pendidikan Ilmu Robotika dan bisa memanjukan kecerdasan Bangsa.

 

 

 

✨ ROBOTICS TALENT COMPETITION #4 ✨

📌Save The Date📌
Mall Lagoon Avenue - Bekasi
7 - 8 Desember 2024

Kategori Lomba :
🤖Creative Cubes (TK)
🤖Electronic Basic (SD 1,2,3)
🤖Electronic Junior (SD 4,5,6)
🤖Mini Soccer (SD 4,5,6)
🤖Mission Basic (SD 1-6)
🤖Soccer Junior (SMP/MTs)
🤖Mission Junior (SMP/MTs)
🤖Robomind Line (SMP/MTs)
🤖Robomind Trans (SMP/MTs)
🤖War Robo (SMP/MTs)
🤖Battle Robot (SMA/MA)
🤖Robomind Senior(SMA/MA)

📢Pendaftaran sampai 5 Desember 2024

Link Pendaftaran
https://bit.ly/ROTATION4
Link Rules
https://bit.ly/RULESROTATION4

🗓️ Sabtu 10.00–17.00
SMP/MTs &
SMA/MA
🗓️ Minggu 10.00–17.00
TK/RA &
SD/MI

📲Contact Person
Adi (0898.3794.304)
Khaila (0877.2077.3407)

Yuk segera daftarkan dan jadilah Juaranya...🏆


No comments:

Post a Comment

INTERNATIONAL ROBOTICS TALENT COMPETITION 2025

 UNDER CONSTRACTION