Silahkan klik link ini untuk mendapatkan file sertifikat peserta
Info : Khaila (0877.2077.3407)
Daftar Pemenang Robotics Talent Competition #4
Notes : Penulisan nama berdasarkan data pendaftaran yang disetujui kebenarannya dan tidak menjadi kesalahan panitia
KATEGORI CREATIVE CUBES (TK/RA) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Creative | |||
Juara 1 | Embun Pagi Islamic School Kindergarten | Bintang Aulia | |
Juara 2 | RA. AL KAUTSAR | Rhazes Khairan Abdullah | |
Juara 3 | TK Islam Al barkah/Edurobotika | Muhammad Uwais | |
Penilaian : Best Design | |||
Juara 1 | Embun Pagi Islamic School Kindergarten | Muhammad Albie Albarra Hadiansyah | |
Juara 2 | Tkk Penabur Jababeka | Reynard Kyle Lomewa | |
Juara 3 | Sekolah Victory Plus | Made Vincent Vidyatama Ho | |
Harapan | AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN | Aryan Harfi | |
Harapan | Embun Pagi Islamic School Kindergarten | Shaqeena Zahra Annasya | |
Harapan | Embun Pagi Islamic School Kindergarten | Eijaz Atharrazka Rafasya | |
Harapan | Embun Pagi Islamic School Kindergarten | Davanka Muhammad Ashdan | |
Harapan | Kuttab Labib | Muhammad Sayhan Abizard Kamil | |
Harapan | Madina Islamic Kindergaten | Kenzo Abhimanyu Rafa Nugroho | |
Harapan | RA. Al Kautsar | Ghossan Hara Mada | |
Harapan | RA. Al Kautsar | ADIWIDYA Kusumah Negara | |
Harapan | RA. Al Kautsar | SADYA ZAKIYAH BASMAH | |
Harapan | RA. Al Kautsar | RATU KHARISA PUTRI | |
Harapan | Sekolah Victory Plus | Frank Nicolas Aurelius Wijaya | |
Harapan | TK Islam Al Barkah | Fathi Khalid Nugroho | |
Harapan | TK Islam Al Barkah | AIMAN KENNY ALLISTER | |
Harapan | TK Islam Al Barkah | Muhammad Sky Sakha Al Fatih | |
Harapan | TKK Kalam Kudus Ciateul | Joshua Christ Oktavianus | |
Harapan | Edurobotika | MUHAMMAD TEGUH |
KATEGORI ELECTRONIC BASIC (SD/MI) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | SDK 9 PENABUR | Carlson Xinlu Yang | Evan Christian Yulius |
Juara 2 | Cahaya Bangsa Classical School | Stanley Lim Setiawan | |
Juara 3 | SDK Penabur Summarecon Bekasi | Thalia Josephine Melody Daugosta | Kyona Rohosauli Nainggolan |
Harapan 1 | SDI At-Taqwa Rawamangun | Syafiq Maulana Muhammad | |
Harapan 2 | SDK Penabur 10 | Justin Valerio Chandra | Victor Jermaine Chandra |
Harapan 3 | Asshodriyah Islamic School | Syakura Harmein | |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | Embun Pagi Islamic School | Byantara Aldebaran Yusuf | |
Juara 2 | MIN 18 Jakarta Timur | Achmad Gibran Zaviyar | Tabina Maryam Zhafira |
Juara 3 | SDIT Ar Royan | Althaf Zyad Sumaedi | Shamid Lazuardi Ramadhan |
Harapan 1 | SDIT Nurul Hikmah | Jabeer Abdurrahim Muhammad | |
Harapan 2 | SDK Penabur Summarecon Bekasi | Jonathan Putra Tjandrawan | Alzaro kaindra gavriel girsang |
Harapan 3 | SD Gagas Ceria | Rajendra Al Jazari Rinaldy | |
Penilaian : Best Time | |||
Juara 1 | SDK Penabur Summarecon Bekasi | Alexander Kaleb Marasi Siagian | Jesse Kichiro |
Juara 2 | SD Islam At-Taqwa Rawamangun | Mumtazah Diyana Alisha | |
Juara 3 | SDIT Nurul Hikmah | Shendaud Safa Samsara | |
Harapan 1 | SONNIC | Muhammad Hisyam | |
Harapan 2 | SONNIC | Asyhari Rahman | |
Harapan 3 | SONNIC | Tikah Gunawan |
KATEGORI ELECTRONIC JUNIOR (SD/MI) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | SDK10 BPK Penabur Jakarta | PHILLIPPE CARLSON RUSLI | LIAM SAMUEL GUNAWAN |
Juara 2 | SDIT AR RIDO | Devanka Garamischa | Zhafran Althaf Maulana |
Juara 3 | SDK 6 PENABUR | VANIA JANICE SUWANDI | DOMINIC CHRISTOPHER LIM |
Harapan 1 |
Embun Pagi Islamic School | Akila Hasna Nirmala | Katya Aqeela Almushawwir |
Harapan 2 | SDIT Nurul Hikmah | Kevan Dzikri Atharizz Calief | |
Harapan 3 | SDK 10 PENABUR JAKARTA | Gabriella Karenza Yauw | |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | SDK penabur Bintaro jaya | Alvaro gavriel larosa | |
Juara 2 | Embun Pagi Islamic School | Rakeinan Yodha Pratama | |
Juara 3 | SDK10 Penabur Jakarta Utara | Robert Husaini Lim | |
Harapan 1 | SD Widuri Baleendah | Putra Ahsyar Al-Ghazi | |
Harapan 2 | SDK 8 PENABUR | Alice Waltz Everwith | Mathias Ernest Pradipta Sitorus |
Harapan 3 | SD IT Al Fath Cibinong | Rasyid Satrio Wibowo |
KATEGORI MISSION BASIC (SD/MI) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | SDK 8 PENABUR | Jethro Andrico Prananda | Hillary Viola Nauli Lumban Gaol |
Juara 2 | SDIT HARUM | Raza Mahya Zitara | Sakha Rayyan |
Juara 3 | SDIT Nurul Hikmah | Altamis Sidik | Teguh Hanif Gunawan |
Harapan | SDK BPK PENABUR BINTARO JAYA | Alexander Tobias Blessta Kaya | |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | SDIT AR RIDO | Faeyza Abyan Asmara | Alvaro Kenzie Saputra |
Juara 2 | SDK10 BPK PENABUR | Jeremy Edmond Simeon | Owen Lee |
Juara 3 | SD Islam Al Barkah | Arkaan Surya Nizama | Nur 'Ayisy 'Arifah |
Harapan | SDIT AL MUHAJIRIN | Narendra Farizki Nugroho | Nabil Zaidan Akmal |
KATEGORI MINI SOCCER (SD/MI) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | SDIT NURUL ISLAM | Naufar Al Ayubbi Bowta | Muhammad Adi Bagus Wijayanto |
Juara 2 | SDIT NURUL ISLAM | Arkan Ibriza Rachman | Azka Azhfar Kurniawan |
Juara 3 | SDIT AL MUDDATSIRIYAH | Muhammad Sakha Athallah | Muhammad Sakhi Athaillah |
Harapan | SDIT AR RIDO | Haykal Hanif Amrullah | Rayhan Alfata Ilham |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | Embun Pagi Islamic School | ADSKHAN AUFA MUZAKKI | DEVANO AUDRIC AFRIYANTO |
Juara 2 | MIS Al-Ittihad | ANDI ALVONSO | Naufal Nazih Mumtaz |
Juara 3 | Robotika Nusantara | Fairel Ruswandi | Gavin Alvaro Munir |
Harapan | SD Islam Al Barkah | DHAFIR | GABRIEL |
KATEGORI SOCCER JUNIOR (SMP/MTS) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | MTsN 3 Jakarta | M.Rizki Firdaus | Rafi Putra Pratama Syukur |
Juara 2 | MTsN 21 Jakarta | Raffasya Alfarizqi | Bakti Darmawan Hadi |
Juara 3 | MTsN 20 Jakarta | Ahmada Ayman Kuncit | Fakhri Rizqi Haryanto |
Harapan | MTsN 18 Jakarta | Muhammad Fahril Nurmantoro | Rais Ramdika Hanif |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | SMPK Penabur Gading Serpong | Chester Adrian | James Hendry |
Juara 2 | MTsN 24 Jakarta | AZKA LATAHZAN KURNIANTO | SALMAN ALFARISI |
Juara 3 | MTsN 24 Jakarta | WILDAN ELKASYFI | MUHAMMAD LATIEF KENZIE |
Harapan | MTsN 22 Jakarta | Daffino Almay Adrian | Rafa Harsaya Putra Barnadib |
KATEGORI MISSION JUNIOR (SMP/MTS) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | MTsN 22 Jakarta | Djesta Daffi Subekti | Fitrah Batara Perwiranegara |
Juara 2 | MTsN 15 Jakarta | Carisa Nur Afifa | I Gusti Agung Sakha Satwika |
Juara 3 | SMPIT Arafah | Muhammad Ilham Andriansyah | Waffi Damaraihan Adianto |
Harapan | MTsN 13 Jakarta | Ghaniata Khaira Attaqi | Fita Fahira Andini |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | MTsN 17 Jakarta | Siti Aliyahrizka Rendrad | Raka Yusuf |
Juara 2 | MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief | Danish Kanz Fawwaz | Mochammad Ramadhana Omar |
Juara 3 | MTsN 12 Jakarta | Anindia Nafisa Az-Zahra | Nur 'Ayisy 'Arifah |
Harapan | MTsN 29 Jakarta | Firza Hafizh Adzani | Kirana Madania Wahyudin |
KATEGORI ROBOMIND LINE (SMP/MTS) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | SMPIT Ar Rudho | Idzan Razky Permana | Farrel Kiano |
Juara 2 | MTsN 13 Jakarta | Latifa Putri Azzahra | Dinda Brillianca Syahnaz Putri |
Juara 3 | Embun Pagi Junior High Islamic School | Rigen Sanjung | |
Harapan 1 | Mtsn 18 Jakarta | Raden Hartini Aisyah Putri | Fachri Richi Pratama |
Harapan 2 | Mtsn 17 Jakarta | Taufik Hidayatullah | Sabil Gifara Natsir |
Harapan 3 | MTSN 21 Jakarta | Zahabi Hanif Nirwato | Zakaria Zaki Habibi |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | MTsN 13 Jakarta | Muhammad Al Baihaqi | Nendra Farras Satyanatha |
Juara 2 | Mtsn 41 Al-Azhar Asy-Syarief | Humna Zhafira Rahmat | Aqila Huda Assyifa |
Juara 3 | SMPN 213 Jakarta | Raviansyah Izqian | |
Harapan 1 | Embun Pagi Junior High Islamic School | Abyan Ghifary Airwan | |
Harapan 2 | Mtsn 12 Jakarta | Daffa Arnawama Risompa | Fadhil Athahillah Bintoro |
Harapan 3 | SMPIT Nurul Hikmah | Maulana Hanif Hamzah |
KATEGORI ROBOMIND TRANS (SMP/MTS) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief | M. Syauqi Rahman Hasan | Hanif Lanjar Arkananta |
Juara 2 | MTsN 1 Jakarta | Muhammad Xavier Dahriansyah | Muhammad Barik Khatami |
Juara 3 | MTsN 14 Jakarta | Ghina Lu’luatul Faridah | Aisyah Aqilah Aziza Nugroho |
Harapan 1 | MTsN 13 Jakarta | Clarissa Lashira Azzahra | Siti Aisyah |
Harapan 2 | MTsN 22 Jakarta | Kasabi Alfaiza | Arkana Zhafran Paramudya |
Harapan 3 | MTsN 18 Jakarta | Zahira Jazilatul Adzkya | Syakira Arista Helmy |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | SMPN 15 Jakarta | Bagus Wicaksono | Ratna Shinta Alena |
Juara 2 | MTsN 24 Jakarta | MUHAMMAD AZKA AULIA ATQA | MUHAMMAD AL FAQIH KHAIRULRAHMAN |
Juara 3 | MTsN 3 Jakarta | Rafa Farassy Syandana Andimi | Fakhriza Arkananta |
Harapan 1 | MTsN 1 Jakarta | Azzami Ahmad Al Fauzan | Shofwan Nizami |
Harapan 2 | SMPIT Arafah | RAVI IRSYAD SAVERO | |
Harapan 3 | SMPK Penabur Gading Serpong | Keira Aurora Harianto |
KATEGORI WAR ROBO (SMP/MTS) LINK SERTIFIKAT
Penilaian : Best Point | |||
Juara 1 | MTsN 14 Jakarta | Ibrahim Bhumi Bintoro | Chika Khoirun Najah |
Juara 2 | MTsN 1 Jakarta | Muhammad Luthfi | Muhammad Reza Ramadhan |
Juara 3 | SMP Labschool Jakarta | Anggito Fadhilah Kautsar | Noah Hakimmi Irham Suheimi |
Harapan | MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarief | Khairan Abbasy Yurianda | Hudzaidah Muhammad Juhdy |
Penilaian : Best Strategy | |||
Juara 1 | MTsN 29 Jakarta | Bagus Mufti Arya Bima | Rasendriya Athallah Nugroho |
Juara 2 | MTsN 20 Jakarta | Muhammad Fazri Ramadhan | Mochammad Devan Aransah |
Juara 3 | MTsN 29 Jakarta | Muhammad Alkio Aradhana | Hanif Mahardika Setiadi |
Harapan | MTsN 21 Jakarta | Muhammad Yusuf Khayrusy Syifa | Muhammad Zaulaqy Alqansandhy |
KATEGORI ROBOMIND SENIOR (SMA/MA/SMK) LINK SERTIFIKAT
Juara 1 | MAN 9 Jakarta | Akmal Fatih Firdaus | |
Juara 2 | MAN 18 Jakarta | Ahsan Rahadi | Keysha Sabrina A |
Juara 3 | MAN 2 Kebumen | Fadhil Izza Saputra | Fakhri Akmaludin |
Harapan 1 | MAN 9 Jakarta | Azka Nur Ihsan | M. Miqdad Dzukayn |
Harapan 2 | MAN 1 Jakarta | Diana Aurellia Amanda Rifki | Syamil Kenzie Ramadhan |
Harapan 3 | MAN 5 Jakarta | Ahnaf Samih Al-Farisi | Aditama |
KATEGORI BATTLE ROBOT (SMA/MA/SMK) LINK SERTIFIKAT
|
|||||||||||||||||||||||||||
ROBOTICS TALENT COMPETITION #4
A. Latar Belakang Lomba
Sonnic Robotics merupakan penyelenggara acara lomba robotik nasional maupun internasional berkerjasama dengan IGRI (Ikatan Guru Robotik se-Indonesia) merupakan perkumpulan para Guru dan Vendor Robotik yang tergabung dalam satu ikatan dengan tujuan memajukan dan mencerdaskan Bangsa dengan keilmuan Robotika, KOGTIK (Komunitas Guru TIK), IG TIK PGRI (Ikatan Guru TIK PGRI), Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai Partner Penyelenggara, Penerbit Erlangga dan Lagoon Avenue Mall – Bekasi milik PT. PP (Persero) Tbk yang telah support dan memberikan dukungan area yang bisa dilaksanakannya kegiatan acara ini.
Penyelenggaraan acara ini sudah berlangsung ke 4. Kami kembali menyelenggarakan acara lomba dengan konsep berjenjang pada skala Nasional hingga ke Internasional. Ajang lomba robotik ini bertujuan mencari bakat-bakat potensial siswa/siswi dalam bidang robotika.
B. Tujuan
Harapan yang ingin dicapai dari lomba tersebut adalah:
1. Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas siswa/i di dunia Teknologi Informasi khususnya di bidang robotik.
2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
3. Meningkatkan kepekaan siswa/i dalam pengembangan bidang teknologi robot.
4. Mencari bakat dalam hal keahlian robotik di Sekolah-sekolah.
C. Sasaran
Sonnic Robotics
membimbing banyak Sekolah di seputar JABODETABEK dengan level dari TK sampai
dengan SMA. Adapun sasaran kegiatan ini adalah peserta siswa/i SD, SMP dan SMA
dari semua daerah di Indonesia
D.
Pendaftaran
Dibuka dari tanggal 20 Oktober 2024 sampai dengan 5 Desember 2024.
Pendaftaran dapat dilakukan melalui link ini klik di sini klik
Biaya pendaftaran bersifat per Tim bukan per orang, dan 1 Tim boleh 1 orang atau maksimal 2 orang, kecuali soccer (harus berdua).
Investasi pendaftaran sebesar Rp. 250.000/Tim
Ke rekening 230.2364.975 BCA atas nama : SONNI ADIANTO
Informasi lebih lanjut :
Khaila (0877.2077.3407)
E. Pelaksanaan
Lokasi lomba : Lagoo Avenue Mall – Bekasi
Hari/Tanggal : 7-8 Desember 2024
Hari Pertama untuk SMP/MTS dan SMA/MA
Hari / Tanggal |
Waktu |
Kategori |
Sabtu 7 Desember 2024 |
09.00 – 10.00 |
Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 1 (ambil name tag dan snack) |
10.00 – 10.15 |
Pembukaan dan briefing peserta |
|
10.15 – 12.00 |
Lomba SESI 1 SMP/MTS (Robomind Line) SMP/MTS (Robomind Trans) SMP/MTS (War Robo) SMA/MA (Robomind Senior) |
|
12.00 – 13.00 |
ISHOMA dan Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 2 (ambil name tag dan snack) |
|
13.00 – 17.00 |
Lomba SESI 2 SMP/MTS (Soccer Junior) SMP/MTS (Mission Junior) SMA/MA (Battle Robot) |
|
13.30 – 14.00 |
Pengumuman Pemenang Lomba SESI 1 |
|
17.00 – selesai |
Pengumuman Pemenang Lomba SESI 2 |
*catatan : Waktu dapat berubah
Hari Kedua untuk TK/RA dan SD/MI
Hari / Tanggal |
Waktu |
Kategori |
Minggu 8 Desember 2024 |
09.00 – 10.00 |
Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 1 (ambil name tag dan snack) |
10.00 – 10.15 |
Pembukaan dan briefing peserta |
|
10.15 – 12.00 |
Lomba SESI 1 TK Kategori (Creative Cubes) SD Kategori (Electronic Basic) SD Kategori (Electronic Junior) |
|
12.00 – 13.00 |
ISHOMA dan Pendaftaran ulang peserta Lomba SESI 2 (ambil name tag dan snack) |
|
13.00 – 17.00 |
Lomba SESI 2 SD Kategori (Mini Soccer) SD Kategori (Mission Basic) |
|
13.30 – 14.00 |
Pengumuman Pemenang Lomba SESI 1 |
|
17.00 – selesai |
Pengumuman Pemenang Lomba SESI 2 |
*catatan : Waktu dapat berubah
Kategori yang diperlombakan antara lain :
CREATIVE CUBES (TK/RA dan Preschool/PAUD)
1. Deskripsi :
Kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi dalam membuat rancang bangun yang menarik. Pembuatannya harus sesuai tema “ MODEL INOVASI”.
2. Syarat dan Ketentuan :
Peserta adalah siswa Taman Kanak-kanak ( TK/KG ).
Peserta Tim merupakan Individu atau perorangan.
3. Peralatan :
Peralatan yang digunakan adalah Mathlink Cubes ( untuk TK ) dan sudah disediakan oleh panitia.
Untuk jumlah dan jenis blok yang disediakan oleh panitia adalah sebagai berikut :
Peserta harus membuat model dengan jumlah dan jenis blok yang telah disediakan oleh panitia pada saat lomba, dilarang membawa model yang sudah dibuat dari rumah.
4. Penilaian :
Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar nilai :
Kreatifitas : 40%
Estetika model : 40%
Presentasi peserta : 20%
Penilaian ini sepenuhnya adalah hak subjektif dari Juri dan keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
5. Aturan Lomba :
· Tiap sesi akan diberi waktu selama 15 menit. Setelah itu masing-masing peserta akan diberi waktu maksimal 2 menit untuk presentasi atau menjelaskan kepada Juri, dan akan didokumentasikan sebagai dasar penilaian Juri.
· Setelah selesai semua hasil dari peserta sebelumnya akan dibongkar untuk dipergunakan peserta berikutnya di sesi selanjutnya.
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.
ELECTRONIC BASIC (SD/MI KELAS 1,2,3)
1. Deskripsi :
Kompetisi ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kecepatan berfikir serta untuk menyeimbangkan gerak motorik halus dan kasar, mengenali bentuk, melatih fokus dan ketelitian.
2. Syarat dan Ketentuan :
· Bersifat umum terbuka
· Peserta adalah siswa Sekolah Dasar ( SD kelas 1,2,3 ).
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari perorangan atau maksimal 2 orang.
3. Peralatan :
· Peralatan yang digunakan adalah perangkat elektronik sederhana ( untuk SD kelas 1,2 dan 3 ).
· Peserta harus membawa sendiri perangkat elektronik yang dibutuhkan pada saat lomba yaitu :
3 pcs led (warna bebas)
3 pcs resistor 220 ohm
1 pcs bread board (small/mini) bebas
Kabel jumper male to male (jumlah bebas)
Holder batrai dan batrai (jenis dan jumlah bebas sesuai kebutuhan)
4. Penilaian :
Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar catatan waktu pengerjaan perakitannya dan ketepatannya meliputi unsur bentuk serta berfungsinya robot dengan baik dan sempurna.
Catatan waktu menjadi yang utama, Fungsi model hasil dari perakitan harus dapat berfungsi semua dengan baik dan Ketepatan pembuatan skema elektronik termasuk kerapihan merupakan hal penting untuk menentukan hasil.
5. Aturan Lomba :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri diambil dengan cara acak dengan aplikasi acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Perangkat yang dibawa harus dalam keadaan belum dirakit.
· Tiap sesi akan diikuti 20 tim peserta sekaligus dan setiap sesi pertandingan akan diberi waktu selama maksimal 10 menit.
· Tim peserta harus siap di arena lomba pada waktu sesi lomba, apabila tim peserta tidak hadir pada sesi pertandingan setelah 3 kali pemanggilan maka sesi pertandingan akan tetap berjalan dan akan merugikan tim peserta yang terlambat masuk/hadir ke arena lomba tersebut tetapi tetap bisa menyelesaikan lomba apabila masih ada waktu yang tersisa pada sesi tersebut atau diberikan sanksi oleh juri.
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.
ELECTRONIC JUNIOR (SD/MI KELAS 4,5,6)
1. Deskripsi :
Kompetisi ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kecepatan berfikir serta untuk menyeimbangkan gerak motorik halus dan kasar, mengenali bentuk, melatih fokus dan ketelitian.
2. Syarat dan Ketentuan :
· Bersifat umum terbuka
· Peserta adalah siswa Sekolah Dasar ( SD kelas 4,5,6 ).
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari perorangan atau maksimal 2 orang.
3. Peralatan :
· Peralatan yang digunakan adalah perangkat elektronik sederhana ( untuk SD kelas 4,5 dan 6 ).
· Peserta harus membawa sendiri perangkat elektronik yang dibutuhkan pada saat lomba yaitu :
1 pcs led (warna bebas)
1 pcs resistor 220 ohm
1 pcs bread board (small/mini) bebas
Kabel jumper male to male (jumlah bebas sesuai kebutuhan)
Holder batrai dan batrai (jenis dan jumlah bebas sesuai kebutuhan)
1 pcs motor dc 3v-6v (kuning)
1 pcs saklar/switch
4. Penilaian :
Penilaian mutlak akan dilakukan oleh Juri dengan dasar catatan waktu pengerjaan perakitannya dan ketepatannya meliputi unsur bentuk serta berfungsinya robot dengan baik dan sempurna.
Catatan waktu menjadi yang utama, Fungsi model hasil dari perakitan harus dapat berfungsi semua dengan baik dan Ketepatan pembuatan skema elektronik termasuk kerapihan merupakan hal penting untuk menentukan hasil.
5. Aturan Lomba :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri diambil dengan cara acak dengan aplikasi acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Perangkat yang dibawa harus dalam keadaan belum dirakit.
· Tiap sesi akan diikuti 20 tim peserta sekaligus dan setiap sesi pertandingan akan diberi waktu selama maksimal 10 menit.
· Tim peserta harus siap di arena lomba pada waktu sesi lomba, apabila tim peserta tidak hadir pada sesi pertandingan setelah 3 kali pemanggilan maka sesi pertandingan akan tetap berjalan dan akan merugikan tim peserta yang terlambat masuk/hadir ke arena lomba tersebut tetapi tetap bisa menyelesaikan lomba apabila masih ada waktu yang tersisa pada sesi tersebut atau diberikan sanksi oleh juri.
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.
MINI SOCCER (SD/MI KELAS 4,5,6)
1. Deskripsi :
Kategori ini bertujuan untuk meningkatkan skill penggunaan remot kontrol dan pemilihan strategi dalam memainkan robot soccer dan mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim ( teamwork ). Pertandingan ini adalah 2 lawan 2.
2. Syarat dan Ketentuan :
· Peserta adalah siswa SD kelas 4, 5 dan 6.
· Bersifat umum terbuka lawan di dalam pertandingan ini.
· Peserta merupakan Tim yang harus terdiri dari 2 orang.
· Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 pcs baterai AA untuk 1 orang (dalam 1 tim adalah 8 baterai).
3. Peralatan :
· Robot yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.
· Peserta Tim tidak diperkenankan membawa robot sendiri.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri secara acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Akan dibuat 2 Grup pertandingan.
· Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain soccer robot ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.
· Skema pertandingan adalah sistem gugur dalam grupnya.
· Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.
· Tiap sesi tanding terdiri dari 2 babak bergantian posisi ( Sudut A dan Sudut B ) .
· Pertandingan pada tiap sesinya akan dimenangkan oleh tim dengan goal terbanyak.
· Tim yang menang akan tanding lagi di pertandingan berikutnya sesuai skema.
· Jika dalam 2 babak pada sesi tanding hasil goal masih sama, maka akan dilakukan adu penalti dengan metode 1 kali menyentuh bola ke arah gawang lawan.
· Tim peserta akan dianggap pelanggaran dan ditegur apabila robotnya berada diam saja di tengah gawang selama lebih dari 5 detik, apabila melakukan pelanggaran yang sama sebanyak 3 kali maka akan dikenakan penalti.
· Di babak final akan bertanding 4 tim terbaik.
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu.
MISSION BASIC (SD/MI KELAS 1,2,3,4,5,6)
1. Deskripsi
Robot Mission Basic merupakan suatu kompetisi robotik dimana tiap tim diberikan tantangan untuk mengontrol robot IoT menyelesaikan sebuah misi robot bergerak secepat mungkin dari Start hingga Finish dengan melewati misi tertentu.
.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SD kelas 1 s/d 6.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.
· Peserta harus melakukan pendaftaran ulang pada waktu yang telah ditentukan untuk memastikan kehadiran peserta.
· Peserta harus mematuhi dan mengikuti arahan dari Panitia dan Juri.
· Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 buah baterai AA (dalam 1 tim adalah 8 baterai).
3. Peralatan
· Peralatan yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.
· Peserta tidak diperkenankan membawa robot sendiri.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Sebelum Tim bertanding akan dilakukan uji konektivitas jaringan terlebih dahulu. Juri tidak akan mentolerir apabila terjadi koneksi terputus di tengah pertandingan.
· Setiap tim akan diberikan kesempatan untuk melakukan 2 x race dengan waktu 1 menit setiap race nya dan boleh saling bergantian main apabila dalam tim tersebut 2 orang.
· Robot yang dapat melewati titik checkpoint maka mendapat 50 poin. Dan apabila mencapai finish sebelum waktu habis akan mendapat 50 poin kembali.
· Robot yang sebagian keluar arena, maka diberikan pengurangan 5 poin dan robot tetap dapat kembali melanjutkan race.
· Apabila robot keluar seluruh nya maka diberikan pengurangan 10 poin dan robot kembali ke titik start maupun kembali ke titik checkpoint apabila sudah melewati titik checkpoint.
· Apabila robot menjatuhkan objek checkpoint maka mendapat pengurangan 10 poin.
· Hasil Akhir adalah poin akumulasi dari 2 race yang dilakukan.
· Apabila terdapat 2 atau lebih tim dengan poin akhir yang sama, maka penentuan Juara dilihat dari waktu race tercepat.
SOCCER JUNIOR (SMP/MTS KELAS 7,8,9 )
1. Deskripsi :
Kategori ini bertujuan untuk meningkatkan skill penggunaan remot kontrol dan pemilihan strategi dalam memainkan robot soccer dan mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim ( teamwork ). Pertandingan ini adalah 2 lawan 2.
2. Syarat dan Ketentuan :
· Peserta adalah siswa SMP kelas 7, 8 dan 9.
· Bersifat umum terbuka lawan di dalam pertandingan ini.
· Peserta merupakan Tim yang harus terdiri dari 2 orang.
· Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 pcs baterai AA untuk 1 orang (dalam 1 tim adalah 8 baterai).
3. Peralatan :
· Robot yang digunakan adalah yang disediakan oleh Panitia.
· Peserta Tim tidak diperkenankan membawa robot sendiri.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri secara acak dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Akan dibuat 2 Grup pertandingan.
· Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain soccer robot ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.
· Skema pertandingan adalah sistem gugur dalam grupnya.
· Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.
· Tiap sesi tanding terdiri dari 2 babak bergantian posisi ( Sudut A dan Sudut B ) .
· Pertandingan pada tiap sesinya akan dimenangkan oleh tim dengan goal terbanyak.
· Tim yang menang akan tanding lagi di pertandingan berikutnya sesuai skema.
· Jika dalam 2 babak pada sesi tanding hasil goal masih sama, maka akan dilakukan adu penalti dengan metode 1 kali menyentuh bola ke arah gawang lawan.
· Tim peserta akan dianggap pelanggaran dan ditegur apabila robotnya berada diam saja di tengah gawang selama lebih dari 5 detik, apabila melakukan pelanggaran yang sama sebanyak 3 kali maka akan dikenakan penalti.
· Di babak final akan bertanding 4 tim terbaik.
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu.
MISSION JUNIOR (SMP/MTS KELAS 7,8,9)
1. Deskripsi
Robot Mission Junior merupakan suatu kompetisi robotik dimana tiap tim diberikan tantangan untuk mengontrol robot IoT menyelesaikan sebuah misi robot bergerak secepat mungkin dari Start hingga Finish dengan melewati misi tertentu.
.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SMP kelas 7 s/d 9.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari individu atau maksimal 2 orang.
3. Peralatan
· Peserta boleh membawa robot sendiri atau dari panitia.
· Dimensi robot adalah 17cm panjang x 15cm lebar, merk dan jenis robot bebas.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Sebelum Tim bertanding akan dilakukan uji konektivitas jaringan terlebih dahulu. Juri tidak akan mentolerir apabila terjadi koneksi terputus di tengah pertandingan.
· Setiap tim akan diberikan kesempatan untuk melakukan maksimal 2 x race dengan waktu 2 menit setiap race nya dan boleh saling bergantian main apabila dalam tim tersebut 2 orang.
· Robot yang dapat membawa dan meletakkan box sesuai dengan warna areanya secara tepat akan mendapatkan 20 poin.
· Robot yang sebagian keluar arena atau menginjak garis, maka diberikan pengurangan 5 poin (berlaku akumulasi) dan robot tetap dapat kembali melanjutkan race.
· Robot yang berhasil mencapai garis finish akan mendapatkan 20 poin, dan hal ini akan menghentikan waktu pada race itu karena telah dianggap selesai.
· Hasil Akhir adalah poin yang didapat pada race terakhir, semisalnya hanya dipakai kesempatan race pertama saja juga boleh.
· Apabila terdapat 2 atau lebih tim dengan poin akhir yang sama, maka penentuan Juara dilihat dari waktu race tercepat.
ROBO MIND (SMP/MTs KELAS 7,8,9)
Robomind Line & Robomind Trans
1. Deskripsi
Robo Mind merupakan suatu kompetisi robot dimana peserta memprogram sebuah robot pada Aplikasi Robo Mind dan menyelesaikan misi yang diberikan secepat mungkin.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.
· Tiap peserta wajib membawa Laptop yang sudah terinstall aplikasi Robomind
· Tiap Peserta Wajib membawa koneksi internet masing-masing.
3. Peralatan
· Juri menyiapkan Map yang dapat di download oleh setiap tim pada link yang akan diberikan saat kompetisi berlangsung dan akan diberikan link untuk mengumpulkan hasilnya.
· Peserta menyiapkan laptop masing-masing yang sudah ada aplikasi RoboMind.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Seluruh Tim dikumpulkan oleh Panitia dan Juri di Lokasi Arena yang sudah di tentukan selanjutnya Juri akan mengecek seluruh tim yang bertanding.
· Sebelum dimulai Dewan Juri akan mengecek Aplikasi Robomind pada masing-masing Laptop peserta.
· Peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk memprogram dan mengirim hasil program tersebut ke dewan juri.
· Setiap tim tidak diperbolehkan berkomunikasi kepada pelatih, pembimbing maupun tim lawan.
· Juri akan langsung mendiskualifiasi peserta apabila melakukan komunikasi maupun kecurangan dalam bentuk apapun.
· Misi yang harus di selesaikan oleh setiap tim akan diberitahukan oleh Juri saat pertandingan berlangsung.
· Untuk kategori Line misinya adalah menelusuri garis dan kategori Trans misinya adalah transporter yaitu memindahkan objek.
· Setiap misi yang berhasil diselesaikan bernilai Poin.
· Tim yang akan menjadi pemenang adalah yang memiliki poin tertinggi.
· Apabila terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki poin yang sama, maka yang menjadi pemenang di tentukan oleh tim yang paling cepat mengirim program.
WAR ROBO (SMP/MTs 7,8,9)
1. Deskripsi
War Robo merupakan sebuah kompetisi robotik mempertandingkan robot 2 lawan 2 pada sebuah arena war, dimana tugas dari robot adalah menjatuhkan benteng lawan sebanyak dan secepat mungkin.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari 2 orang.
3. Peralatan
· Peralatan disediakan oleh Panitia dengan jenis robot yang sama.
· Peserta tidak diperkenankan membawa robot sendiri.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain war robo ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.
· Setiap tim memiliki 3 buah benteng.
· Skema pertandingan adalah sistem gugur.
· Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 2 menit setiap babaknya.
· Tim yang dinyatakan sebagai pemenang setiap babaknya dilihat dari banyaknya benteng yang dijatuhkan dan waktu tercepat.
· Sebelum pertandingan dimulai Juri akan memastikan setiap peserta sudah mengkoneksikan Smartphone / HP dengan robot.
· Apabila di tengah pertandingan terjadi koneksi terputus (loss connection), maka pertandingan tetap dilanjutkan.
· Robot yang tersangkut di arena pada saat pertandingan maka akan dibiarkan sedangkan yang keluar arena maka dinyatakan out dan tidak dapat kembali ke arena sampai babak tersebut selesai.
· Apabila pada pertandingan masing-masing tim mendapat skor yang sama, maka akan dilakukan babak perpanjangan waktu sebanyak 1 babak.
BATTLE ROBOT (SMA/MA 10,11,12)
1. Deskripsi
Battle Robot merupakan sebuah kompetisi robotik mempertandingkan robot 1 lawan 1 pada sebuah arena battle, dimana tugas dari robot adalah memindahkan balok lawan sebanyak dan secepat mungkin.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SMA/MA kelas 10, 11 dan 12.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari boleh individu atau maksimal 2 orang.
3. Peralatan
· Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 buah baterai AA
· Peralatan disediakan oleh Panitia dengan jenis robot yang sama.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Robot dimulai dari titik start dan harus bergerak melalui sisi kanan area untuk mencapai area musuh dan mengambil lalu pindahkan balok musuh secepat dan sebanyak mungkin ke dalam save area.
· Apabila balok musuh telah habis dipindahkan maka boleh untuk merebut balok tim nya yang sudah diambil oleh musuh untuk diambil kembali.
· Apabila balok musuh belum habis diambil dan langsung mengambil balok tim nya yang sudah diambil musuh, maka hal itu akan dikenakan penalti dan akan di stop dan dikeluarkan oleh juri dan robot musuh dapat terus melanjutkan sampai waktu selesai.
· Poin Total Penilaian adalah banyaknya balok yang berhasil dimasukkan dalam save area.
ROBO MIND (SMA/MA KELAS 10,11,12)
1. Deskripsi
Robo Mind merupakan suatu kompetisi robot dimana peserta memprogram sebuah robot pada Aplikasi Robo Mind dan menyelesaikan misi yang diberikan secepat mungkin.
2. Syarat dan Ketentuan
· Peserta adalah siswa SMA/MA kelas 10, 11 dan 12.
· Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.
· Tiap peserta wajib membawa Laptop yang sudah terinstall aplikasi Robomind
· Tiap Peserta Wajib membawa koneksi internet masing-masing.
3. Peralatan
· Juri menyiapkan Map yang dapat di download oleh setiap tim pada link yang akan diberikan saat kompetisi berlangsung dan akan diberikan link untuk mengumpulkan hasilnya.
· Peserta menyiapkan laptop masing-masing yang sudah ada aplikasi RoboMind.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Seluruh Tim dikumpulkan oleh Panitia dan Juri di Lokasi Arena yang sudah di tentukan selanjutnya Juri akan mengecek seluruh tim yang bertanding.
· Sebelum dimulai Dewan Juri akan mengecek Aplikasi Robomind pada masing-masing Laptop peserta.
· Peserta diberikan waktu selama 60 menit untuk memprogram dan mengirim hasil program tersebut ke dewan juri.
· Setiap tim tidak diperbolehkan berkomunikasi kepada pelatih, pembimbing maupun tim lawan.
· Juri akan langsung mendiskualifiasi peserta apabila melakukan komunikasi maupun kecurangan dalam bentuk apapun.
· Misi yang harus di selesaikan oleh setiap tim akan diberitahukan oleh Juri saat pertandingan berlangsung.
· Setiap misi yang berhasil diselesaikan bernilai Poin.
· Tim yang akan menjadi pemenang adalah yang memiliki poin tertinggi.
· Apabila terdapat 2 tim atau lebih yang memiliki poin yang sama, maka yang menjadi pemenang di tentukan oleh tim yang paling cepat mengirim program.
PENUTUP
Untuk tercapainya penyelenggaraan Acara “Robotic Talent Competition #4” diperlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam acara ini dan diharapakan bisa membangun dan mengembangkan potensi Siswa Didik dalam dunia pendidikan Ilmu Robotika dan bisa memanjukan kecerdasan Bangsa.
✨ ROBOTICS TALENT COMPETITION #4 ✨
📌Save The Date📌
Mall Lagoon Avenue - Bekasi
7 - 8 Desember 2024
Kategori Lomba :
🤖Creative Cubes (TK)
🤖Electronic Basic (SD 1,2,3)
🤖Electronic Junior (SD 4,5,6)
🤖Mini Soccer (SD 4,5,6)
🤖Mission Basic (SD 1-6)
🤖Soccer Junior (SMP/MTs)
🤖Mission Junior (SMP/MTs)
🤖Robomind Line (SMP/MTs)
🤖Robomind Trans (SMP/MTs)
🤖War Robo (SMP/MTs)
🤖Battle Robot (SMA/MA)
🤖Robomind Senior(SMA/MA)
📢Pendaftaran sampai 5 Desember 2024
Link Pendaftaran
https://bit.ly/ROTATION4
Link Rules
https://bit.ly/RULESROTATION4
🗓️ Sabtu 10.00–17.00
SMP/MTs &
SMA/MA
🗓️ Minggu 10.00–17.00
TK/RA &
SD/MI
📲Contact Person
Adi (0898.3794.304)
Khaila (0877.2077.3407)
Yuk segera daftarkan dan jadilah Juaranya...🏆
No comments:
Post a Comment