Kategori ini bertujuan untuk meningkatkan skill penggunaan remot kontrol dan pemilihan strategi dalam memainkan robot soccer dan mengajarkan bagaimana pentingnya kerja sama tim ( teamwork ).
2. Syarat dan Ketentuan :
Bersifat umum terbuka lawan di dalam pertandingan ini selama peserta adalah kelas 4-6.
Peserta merupakan Tim yang terdiri dari maksimal 2 orang.
Peserta harus melakukan pendaftaran ulang pada waktu yang telah ditentukan untuk memastikan kehadiran peserta.
Peserta harus mematuhi dan mengikuti arahan dari Panitia dan Juri.
Tiap peserta wajib membawa keperluan baterai sendiri sebanyak minimal 4 buah baterai AA (dalam 1 tim adalah 8 baterai).
3. Peralatan :
Peserta Tim tidak diperkenankan membawa robot sendiri.
4. Aturan Lomba dan Penilaian :
· Urutan peserta sudah ditentukan oleh Panitia dan Juri dan akan diumumkan pada saat sebelum lomba berlangsung.
· Tiap tim akan memainkan peranan masing-masing dalam bermain soccer robot ini dan boleh merubah peranannnya dalam timnya.
· Skema pertandingan adalah sistem gugur
· Tiap sesi akan diikuti 2 tim peserta yang akan bertanding sebanyak 2 babak selama 3 menit setiap babaknya
· Tiap sesi tanding terdiri dari 2 babak bergantian posisi ( Sudut A dan Sudut B )
· Pertandingan pada tiap sesinya akan dimenangkan oleh tim dengan goal terbanyak
· Tim yang menang akan tanding lagi di pertandingan berikutnya sesuai skema
· Jika dalam 2 babak pada sesi tanding hasil goal masih sama, maka akan dilakukan adu penalti dengan metode 1 kali menyentuh bola ke arah gawang lawan
· Tim peserta akan dianggap pelanggaran dan ditegur apabila robotnya berada diam saja di tengah gawang selama lebih dari 5 detik, apabila melakukan pelanggaran yang sama sebanyak 3 kali maka akan dikenakan penalti
· Di babak final akan bertanding 4 tim terbaik yang akan memperebutkan Juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Juara Harapan
· Selama sesi pertandingan orangtua atau pendamping peserta dilarang untuk membantu pembuatan, apabila hal tersebut dilakukan maka juri berhak mendiskualifikasi peserta tersebut.
No comments:
Post a Comment